Artikel Kesehatan

Search Our Site

Manfaat Kesehatan SeledriSeledri sering disebut sebagai "makanan berkalori negatif" namun yang pasti bukan gizi rendah. Satu tangkai seledri mengandung sekitar 10 kalori; seseorang menghabiskan lebih banyak kalori untuk mencernanya dibandingkan kalori yang diperoleh apabila kita mengkonsumsinya, yang berarti membantu penurunan berat badan.

Berikut ini adalah 7 Manfaat dari Seledri:

  1. Sistem Kekebalan Tubuh
    Jumlah vitamin C yang tinggi dalam seledri meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  2. Tekanan Darah
    Seledri mengandung pthalides, yang telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah dengan cara mengendorkan otot-otot di sekitar arteri sehingga memungkinkan pembuluh melebar. Kalsium, magnesium, dan kalium dalam seledri juga membantu mengendalikan tekanan darah.

  3. Kolesterol
    Zat pthalides dalam seledri juga dapat menurunkan kolesterol dengan cara meningkatkan pengeluaran asam empedu.

  4. Kanker
    Seledri mengandung coumarin yang telah terbukti efektif dalam pencegahan kanker.

  5. Diuretik
    Seledri telah digunakan sebagai zat diuretik (mengeluarkan cairan tubuh) selama berabad-abad. Efek diuretik yang berasal dari keseimbangan kalium dan natrium membantu untuk mengeluarkan kelebihan cairan tubuh.

  6. Anti Radang
    Seledri diyakini memiliki zat anti radang, yang bermanfaat terhadap penyakit yang berhubungan dengan peradangan seperti radang sendi.

  7. Membantu Diet
    Seledri tidak akan secara langsung menyebabkan berat badan Anda turun, tetapi sangat membantu dalam penurunan berat badan karena sangat rendah kalori dan memiliki banyak serat.