Artikel Kesehatan

Search Our Site

Sayuran PareSayuran pare sangat rendah kalori, mengandung hanya 17 kalori per 100 g. Walau demikian, kelopak; polong nya kaya akan phytonutrients seperti serat, mineral, vitamin dan zat anti-oksidan.

Pare secara khusus mengandung phyto-nutrient, polypeptide-P; suatu hormon insulin tumbuhan yang terkenal dapat menurunkan kadar gula darah. Sebagai tambahan, zat ini juga menghasilkan bahan hipoglisemik yang disebut charantin. Charantin meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesa glikogen di dalam sel hati, otot dan jaringan adipos. Bersama-sama, campuran ini mampu mengurangi kadar gula darah di dalam penderita diabetes tipe kedua.

Kelopaknya yang segar merupakan sumber yang sempurna dari asam folat, berisi sekitar 72 µg (Menyediakan 18% dari asupan harian yang dianjurkan). Asam folat membantu mengurangi kejadian kerusakan tabung neuron pada bayi baru lahir apabila dikonsumsi oleh ibu pada masa-masa awal kehamilan.

Sayuran pare segar adalah sumber vitamin-C (100 g kelopak; pare mentah menghasilkan 84 mg atau sekitar 140% dari asupan harian yang dianjurkan). Vitamin-C, salah satu antioksidan alami yang tangguh, mampu menolong badan mencari radikal bebas dalam tubuh yang mengganggu sebagai salah satu penyebab kanker.

Pare merangsang memudahkan pencernaan serta gerak peristaltik usus untuk mendorong sisa-sisa makanan hingga keluar dari badan. Dengan demikian mencegah terjadinya sembelit.

Uji coba awal di laboratorius sayuran pare juga efektif untuk melawan infeksi HIV.