Artikel Kesehatan

Search Our Site

Jamur KupingJamur Kuping adalah sejenis jamur yang dapat dimakan dan sangat populer. Jamur ini tumbuh di pohon terutama di daerah pedesaan. Ia memiliki banyak manfaat medis karena mengandung zat gizi seperti Vitamin, Protein, Lemak, Besi, Polisakarida dan masih banyak lainnya. Jamur ini dapat ditemukan sepanjang tahun di daerah beriklim tropis, di mana ia tumbuh baik pada kayu mati maupun hidup. Popularitas jamur jenis ini berawal sejak berabad-abad yang lalu, khususnya di negara Cina. Pemakaiannya dalam pengobatan tradisional termasuk di antaranya mencegah kekurangan zat besi anemia, ambeien, tekanan darah tinggi, sakit jantung koroner bahkan pencegahan penyakit kanker.

Manfaat Kesehatan dari Jamur Kuping, di antaranya adalah:

  • Mengandung polisakarida, yang bukan saja menghambat pertumbuhan tumor namun juga mencegah kanker serta dapat menetralisir efek samping dari kemoterapi dan radiasi. Ia juga memiliki fungsi menurunkan kolesterol.
  • Mengandung zat besi. Zat besi yang terkandung dalamnya memang salah satu yang tertinggi di antara semua jenis sayuran, apabila dimakan secara teratur dapat memperkaya darah dan mencegah anemia / kekurangan zat besi.
  • Memiliki reputasi dalam pengobatan herbal Cina untuk meningkatkan keenceran darah (efek yang sama seperti dalam aspirin) dan meningkatkan peredarannya. Hal ini diberikan kepada pasien yang menderita penyakit darah kental.
  • Jamur Kuping diketahui efektif dalam menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Hal ini dapat dilakukan dengan meminum air di mana jamur tersebut telah direbus dengan api kecil selama sekurang-kurangnya satu jam.
  • Merupakan sumber Kalsium yang baik. Dilaporkan jumlahnya 2 kali lebih banyak dari jumlah kalsium yang ada pada susu.
  • Kaya akan Protein, Vitamin B1, B2 dan D.
  • Menyehatkan paru-paru, hati dan lambung. Ini meredakan kekeringan dan meningkatkan sirkulasi dalam tubuh.
  • Merupakan sifat "penyerap" dan "pemulung" yang baik bagi zat beracun dalam tubuh berkat pektin yang mampu menyerap debu di paru-paru serta sistem pencernaan untuk kemudian dikeluarkan secara bersama-sama.