Artikel Kesehatan

Search Our Site

TahuOrang sering salah bahwa hanya daging yang dapat memberikan protein bagi tubuh Anda. Apa yang tidak mereka perhitungkan adalah tahu. Ini adalah salah satu makanan paling bergizi yang memiliki jumlah protein cukup namun kandungan lemak kurang apabila dibandingkan dengan mengkonsumsi daging.

Terbuat dari susu kedelai kental, tahu mengandung isoflavon yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita sehingga mencegah penyakit kardiovaskular. Tahu juga merupakan sumber yang sangat baik dari zat besi yang membantu dalam pembuatan zat darah merah. Sungguh suatu makanan yang sempurna karena komposisinya. Tahu memiliki protein dalam jumlah tinggi, nol kolesterol dan rendah karbohidrat. Tahu juga memiliki kalsium dan vitamin E dalam jumlah tinggi. Berikut adalah daftar masalah yang bisa diredam oleh tahu bila dikonsumsi secara teratur.

Kanker
Tahu menjadi sumber selenium - mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsinya sistem antioksidan - melindungi sistem kita dari kanker usus besar. Pria dapat mengurangi risiko kanker prostat dengan makan tofu. Menurut penelitian, wanita yang mengkonsumsi tahu dalam jumlah yang cukup maka akan memiliki 60% resiko lebih rendah memiliki jaringan payudara 'berisiko tinggi' daripada wanita yang makan dalam jumlah sedikit atau tidak makan tahu sama sekali.

Menopause
Tahu memiliki kandungan kalsium dosis tinggi yang dibutuhkan oleh wanita ketika mereka memasuki masa menopause. Hal ini dapat membantu mengurangi 'hot flashes', mengurangi resiko pengeroposan tulang akibat menopause. Juga efektif mencegah rheumatoid arthritis serta membantu selama tahap pra-menopause ketika ada ketidakseimbangan dalam tingkat estrogen.

Penuaan
Manfaat lain dari makan tahu secara teratur adalah memperlambat proses penuaan. Tahu membantu mempertahankan elastisitas kulit dan mengencangkan otot-otot wajah yang pada gilirannya mencegah penuaan. Membuat pasta dari tahu kemudian mengoleskannya pada wajah Anda juga merupakan ide yang baik karena dapat memelihara kulit.

Rambut Rontok
Rambut manusia terutama terbuat dari protein yang disebut keratin. Dengan makan tahu, rambut Anda mendapatkan protein yang diperlukan untuk menghasilkan rambut lebih banyak dan menjaga yang sudah ada tetap sehat. Alih-alih menonjol pada pengobatan mahal, menambahkan tahu pada menu Anda sehari-hari dapat mengatasi masalah kerontokan rambut.

Tahu merupakan salah satu sumber protein yang terbaik untuk orang-orang yang tidak makan daging atau produk susu dan vegetarian, maka mulailah mengkonsumsi tahu secara teratur dan pastikan Anda akan menuai manfaatnya.